Guru memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang matematika dan PMRI serta dapat menerapkannya dalam pembelajaran matematika untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
Guru memfasilitasi siswa dalam berpikir, berdiskusi, dan bernegoisasi untuk mendorong inisiatif dan kreatifitas siswa.
Guru mendampingi dan mendorong siswa agar berani mengungkapkan gagasan dan menemukan strategi pemecahan masalah menuruh mereka sendiri
Guru mengelola kelas sedemikian sehingga mendorong siswa bekerja sama dan berdiskusi dalam rangka pengkonstruksian pengetahuan siswa
Guru bersama siswa menyarikan fakta, konsep, dan prinsip matematika melalui proses refleksi dan konfirmasi
Standar Pembelajaran PMRI
Pembelajaran dapat memenuhi tuntutan ketercapaian standar kompetensi dalam kurikulum
Pembelajaran diawali dengan masalah realistik sehingga siswa termotivasi dan terbantu belajar matematika
Pembelajaran memberi kesempatan pada siswa mengeksplorasi masalah yang diberikan guru dan berdiskusi sehingga siswa dapat saling belajar dalam rangka pengkonstruksian pengetahuan
Pembelajaran mengaitkan berbagai konsep matematika untuk membuat pembelajaran lebih bermakna dan membentuk pengetahuan yang utuh.
Pembelajaran diakhiri dengan refleksi dan konfirmasi untuk menyarikan fakta, konsep, dan prinsip matematika yang telah dipelajari dan dilanjutkan dengan latihan untuk memperkuat pemahaman
Standar Bahan Ajar PMRI
Bahan ajar yang disusun sesuai dengan kurikulum yang berlaku
Bahan ajar menggunakan permasalahan realistik untuk memotivasi siswa dan membantu siswa belajar matematika
Bahan ajar memuat berbagai konsep matematika yang saling terkait sehingga siswa memperoleh pengetahuan matematika yang bermakn dan utuh
Bahan ajar memuat materi pengayaan yang mengakomodasi perbedaan cara dan kemampuan berpikir siswa
Bahan ajar dirumuskan/disajikan sedemikian sehingga mendorong/memotivasi siswa berpikir kritis, kreatif dan inovatif, serta berinteraksi dalam belajar.
Standar Dosen PMRI
Dosen menggunakan prinsip-prinsip PMRI dalam proses perkuliahan sehingga mahasiswa mangalami dan mengenal PMRI
Dosen mendorong mahasiswa untuk berinteraksi dalam proses pembelajaran sebagai cerminan proses PMRI
Dosen mengamati pembelajaran matematika di sekolah untuk mengumpulkan data dan informasi yang brguna untuk merancang perkuliahan dan penelitian
Dosen membantu guru dalam penerapan PMRI di sekolah
Dosen melaksanakan penelitian dan menghasilkan publikasi tentang PMRI
Standar lokakarya PMRI
Kegiatan lokakarya berorientasi pada proses dan produk yang memudahkan mereka memahami konsep PMRI dan dapat digunakan di sekolah.
Lokakarya memfasilitasi peserta dalam mengalami sendiri aktivitas terkait karateristik PMRI untuk membangun pengetahuan dan keterampilan mereka.
Materi lokakarya disesuaikan dengan tuntutan kurikulum, praktik yang berlangsung di sekolah dan situasi ideal untuk meningkatkan adaptabilitas PMRI di sekolah.
Selama lokakarya peserta melakukan refleksi tentang kaitan antara aktivitas yang dikerjakan dan konsep matematikanya.
Lokakarya memberdayakan dan menumbuhkan kepercayaan diri peserta tentang PMRI sehingga dapat menerapkannya secara konsisten di sekolah.
Prinsip PMRI
Penemuan terbimbing dan matematisasi berkelanjutan
Fenomenologi didaktik
Karakteristik PMRI
Penggunaan konteks dalam eksplorasi fenomenologis
Penggunaan model untuk mengkonstruksi konsep (matematisasi horizontal dan vertikal)
Penggunaan kreasi dan kontribusi siswa
Sifat aktif dan interaktif dalam proses pembelajaran
Kesalingketerkaitan antara aspek-aspek atau unit-unit matematika (intertwinement)
Posting Komentar untuk "STANDAR MUTU PMRI"
Pembaca boleh bebas berkomentar selama isi komentar berhubungan dengan isi postingan, menggunakan kalimat yang santun dan berguna bagi pengembangan blog ini.